Colorfull

10 PEMAIN SEPAKBOLA YANG NAMANYA LEBIH TERKENAL DARI KLUBNYA

Istilah seorang pemain yang namanya lebih terkenal dari klubnya adlaah sebuah istilah yang akan ditolaj oleh beberapa pihak. Setiap individu yang berpikir jika mereka ‘lebih terkenal dari klub’ adalah sebuah frase menonjol berkat Sir Alex Ferguson yang kerap menggunakan kata-kata serupa untuk membenarkan penjualan pemain utama.

Sebagai contoh, Manchester United adalah salah satu klub sepakbola terbesar di planet ini dan tidak ada pemain manapun yang lebih terkenal dari klub itu. Namun dalam beberapa kasus, ada pemain yang lebih terkenal dari klubnya. Dan dibawah ini adalah 10 pemain sepakbola yang namanya jauh lebih terkenal dari klub yang dibelanya. Selain itu, didalam daftar ini mencakup beberapa pemain terbaik dan paling terkenal sepanjang masa.

‘Terkenal’ tidak memiliki arti yang mutlak dalam dunia sepakbola sehingga kerap menimbulkan beberapa kebingungan. Namun disini saya menggunakan istilah ‘lebih terkenal’ yang mengartikan daya tarik global, bintang di seluruh dunia dan mendapat pengakuan baik dari sesama pemain ataupun klub.

1. David Beckham – L.A. Galaxy

David Beckham secara khusus didatangkan karena ia mempunyai ketenaran yang luar biasa dan diharapakan dapat menjadi megabintang untuk memvalidasi MLS, memberikan peningkatan daya tarik global dan meningkatkan minat sepakbola di seluruh Amerika Serikat.

Apakah cara ini akan bekerja atau tidak adalah masalah yang masih diperbedatkan, namun pada kenyataannya, kehadiran mantan pemain Manchester United dan Real Madrid ini tentu memberikan dampak besar bagi liga. Para fans berbondong-bondong untuk melihat sosok pria yang pernah menjadi kapten timnas Inggris selama 6 tahun dan sebagian fans berpendapat bahwa Beckham merupakan pemain sepakbola paling terkenal di planet ini daripada LA Galaxy.

2. Magico Gonzales – Cadiz

Klub Cadiz mempunyai sosok pemain tunggal yang sangat identik yaitu Magico Gonzalez. Dia adalah bukti selebriti pemain global yang masih bermain sampai hari ini, sudah hampir seperempat abad ia membela klub Cadiz dan namanya begitu terkenal dibandingkan klubnya yang saat ini berada di liga Spanyol tingkat tiga.

Gonzales telah menghabiskan total 12 musim di Cadiz dan mencetak sejarah klub. Jauh sebelum kedatangan Diego Maradona ke Barcelona, Cadiz adalah tim yang paling banyak ditonton di tur Amerika Serikat pada tahun 1980-an walau terkadang terlihat begitu membosankan, namun klub ini seperti mempunyai daya tarik dan kegembiraan dalam menghadirkan keterampilan sepakbola.

3. Asamoah Gyan – Al Ain

Asamoah Gyan mendapat pengakuan di seluruh dunia sebagai striker terbaik Ghana terutama didalam penampilannya saat membela Ghana di ajang Piala Dunia 2010. Dia pindah ke Liga Premier dan menetap di Sunderland dan melakoni 34 laga namun sayang ambisinya gagal disana. Lalu sebuah kontrak besar telah melambaikan tangan didepannya, klub sepakbola Al Ain yang berbasis di Abu Dhabi menjemput Gyan dalam perjalanan. Dia mencetak 128 gol dalam 74 laga untuk Al Ain selama 4 tahun.

4. Diego Maradona – Napoli

Jika Michael Jordan adalah legenda dalam olahraga basket, maka Diego Maradona adalah legenda sepakbola. Sang maestro Argentina ini selalu mengambil pusat perhatian di setiap tim yang pernah disinggahinya, termasuk timnas Argentina, tetapi tidak di Napoli.

Napoli tentu merupakan sebuah klub besar, tetapi mereka tidak akan pernah menjadi sebuah klub tersukses sebelum kedatangan Diego Maradona. Selama 7 tahun, Maradona berhasil mengubah klub yang tidak mempunyai asal usul ini menjadi juara liga sebanyak 2 kali dan bahkan juara Piala UEFA. Tidak banyak klub yang namanya lebih besar dari Maradona pada tahun 1980-an.

5. Pele – Santos & New York Cosmos

Tidak diragukan lagi jika Pele merupakan pesepakbola terbesar dalam sejarah sepakbola dan sekarang ia menjadi duta global dari permainan yang indah ini. Pele adalah salah satu wajah yang paling dikenal di dalam dunia olahraga.

Beberapa orang menilai jika sosok Pele lebih besar dari klub Santos, padahal Santos adalah klub yang paling sukses di Brazil. Saat Pele berusia 19 tahun, ia harus menghabiskan seluruh karir mudanya di sana dan menjadi bintang paling bersinar di Brazil sekaligus di dunia.

6. Thierry Henry – New York Red Bulls

Ia adalah pemain terbesar dari era Liga Premier Inggris dan merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa di timnas Prancis dan Arsenal. Thierry Henry yang agung secara mengejutkan bermain di New York Red Bulls, salah satu klub sepakbola di MLS. Didirikan pada tahun 1995 sebagai MetroStars tetapi lebih dikenal sebagai Red Bulls NY sejak tahun 2006.

Sejak kedatangan Henry di klub ini, ia menjadi kudeta besar bagi New York Red Bulls dan berhasil menjadi bintang dari permainan modern dengan daya tarik yang didapatnya dari seluruh dunia. Tentu saja namanya lebih terkenal dari klub sejak ia memutuskan untuk bergabung pada tahun 2010 silam.

7. Samuel Eto’o – Anzhi Makchkalala

Salah satu pemain Afrika terkenal sepanjang masa, Eto’o adalah pesepakbola yang paling berjasa bagi sepakbola dalam sejarah Afrika. Ia pernah meraih beberapa penghargaan bergengsi seperti 3 gelar La Liga, 1 gelar Serie A dan 3 gelar Liga Champions. Ketika Eto’o meninggalkan Inter Milan dan bergabung dengan Anzhi Makhachkala, ia secara luas dianggap sebagai salah satu striker terbaik di dunia.

Pada bulan Agustus 2011 lalu, Eto’o menjadi pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia dan sebagian besar para fansnya begitu terkejut ketika ia memutuskan untuk pindah ke klub kecil Rusia yang kaya raya.

8. Matt Le Tissier – Southampton

Southampton kini menjadi klub terkenal setelah memenangkan Piala FA sekali dalam sejarah mereka dan memiliki fanbase yang cukup besar. Namun dulu jauh sebelum mereka terkenal, Matt Le Tissier adalah pemain Southampton yang lebih dikenal di dunia dibandingkan klubnya.

Pada dasarnya, Le Tissier telah menghabiskan waktu selama 14 tahun di Southampton dan bermain sebagai gelandang serang dan merupakan gelandang pencetak gol kelima tertinggi dalam sejarah Liga Premier. Ia adalah salah satu pemain yang paling berbakat secara teknis dalam sejarah liga.

9. Alessandro Del Piero – Sydney FC

Merupakan legenda Italia dan Juventus, Alessandro Del Piero secara luas dianggap sebagai salah satu pesepakbola terbaik dari generasinya dan salah satu pesepakbola Italia terkenal sepanjang masa. Del Piero adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepakbola Italia.

Ia pernah memenangkan beberapa kali gelar Serie A, Liga Champions dan satu gelar Piala Dunia. Del Piero bergabung ke Sydney FC dari Juventus pada tahun 2012. Kini ia telah membukukan 24 gol dalam 48 laha di benua Australia.

10. Zico – Kashima Antlers

Ia dijuluki ‘Pele putih’, Zico adalah pesepakbola yang luar biasa yang memiliki kemampuan yang lengkap; keterampilan, visi, tujuan dan dia juga merupakan salah satu orang yang terbaik dari dunia sepakbola.

Pada akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an, banyak yang menganggap dirinya sebagai pesepakbola yang paling berbakat di planet ini. Zico menghabiskan sebagian besar karirnya di klub Flamengo, Brazil tetapi pada tahun 1991 saat ia berusia 38 tahun, ia terbang ke Jepang dan bermain untuk Kashima Antlers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AMAZING SPRAY PAINTING!!!

Categories